BRC dan Dinas Sosial Selenggarakan Tagana Masuk Sekolah 2020

Di masa pandemi covid19 ini tidak menyurutkan semangat Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) dalam menyiapkan generasi yang sadar, sigap, dan tanggap bencana. Bersama dengan PT Bintan Resort Cakrawala (BRC), Dinsos Kepri menyelenggarakan kegiatan Tagana Masuk Sekolah di beberapa lokasi.

 Kegiatan Tagana Masuk Sekolah awalnya didesain untuk dilaksanakan di sekolah-sekolah, tetapi di masa pandemi ini cukup riskan mengadakan kegiatan di sekolah, Dinsos Kepri menggandeng PT BRC untuk menyusun kegiatan ini. Sebagai pengelola kawasan Bintan Beach International Resort yang didalamnya terdapat sekolah-sekolah, PT BRC berkomitmen bersama dengan Dinsos Kepri untuk sama-sama menyiapkan generasi muda yang sadar, sigap, dan tanggap terhadap berbagai bencana yang dapat kapan saja terjadi.

Kegiatan Tagana Masuk Sekolah dilaksanakan di tiga tempat yang berbeda, yaitu di Politeknik Bintan Cakrawala, Fire Safety Departement, dan Pondok Pesantren Mambaus Solihin 7 Bintan. Dalam pelaksanaanya, kegiatan ini diawasi oleh Tim Satuan Tugas Covid19 Bintan Resort untuk memastikan berjalan sesuai dengan protokol yang telah ditetapkan. Peserta harian dibatasi jumlahnya dan melakukan pengeceka suhu sebelum masuk ke venue acara. Peserta juga duduk di kursi yang telah diberi jarak antar satu dengan yang lain dan wajib menggunakan baju lengan panjang serta masker. Sebelum masuk ke venue, peserta wajib menggunakan hand sanitizer yang diberikan oleh panitia. Kegiatan yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Mambaus Solihin 7 Bintan juga ditambahi dengan penyemprotan desinfeksi misting sebagai tindakan preventif dari penyebaran kasus Covid-19.

Pengecekan Suhu oleh Panitia Pelaksana

Kegiatan dilaksanakan sejak tanggal 6 Oktober 2020 hingga 11 Oktober 2020 dengan jumlah peserta sebanyak 620 orang dengan protocol kesehatan yang sangat ketat. Kegiatan dibuka oleh Drs. H. Doli Boniara selaku Kepala Dinas Sosial Provinsi Kepulauan Riau di Politeknik Bintan Cakrawala pada Selasa (6/10/20). Kegiatan pembukaan juga dihadiri oleh Kabid Linjamsos Dinsos Kepri dan Kabupaten Bintan, Senior Manager Admin BRC, Edi Marta, Direktur Politeknik Bintan Cakrawala, Rd. Rita Ritasari, Manager Community Development BRC, Machsun Asfari, dan Ketua Tim Satuan Tugas Covid-19 Bintan Resort, Rai Tobing. Kegiatan Pembukaan ditandai dengan penyerahan plakat dari Dinas Sosial Kepulauan Riau kepada PT BRC.

Penyerahan plakat dari Dinas Sosial Kepulauan Riau kepada PT BRC

Kegiatan dilaksanakan secara bertahap dengan jumlah peserta harian dibatasi, dalam satu hari hanya ada 50 – 100 orang yang mengikuti kegiatan Tagana Masuk Sekolah ini. Terdapat 12 sesi sosialisasi yang terdiri dari berbagai komponen, yaitu mahasiswa Politeknik Bintan Cakrawala, Mahasiswa Sahid Bintan Tourism Institute, Tenaga Pengajar dan staff kependidikan Yayasan Bintan Resort, karyawan PT BRC, santriwan dan santriwati Pondok Pesantren Mambaus Solihin 7 Bintan serta tenaga pengajarnya. Harapannya para peserta memiliki kapasitas untuk sigap dan tanggap terhadap bencana dan mampu untuk menyebarkan pengetauan tentang kebencanaan.

Pembicara dari kegiatan sosialisasi Tagana Masuk Sekolah ini tidak hanya dari Tagana (Taruna Siaga Bencana), tetapi juga para praktisi kebencanaan yang berasal dari PT BRC, yaitu Tim Satuan Tugas Covid-19 Bintan Resort dan Fire Safety Departement. Harapannya dengan materi yang disampaikan oleh pembicara berpengalaman dibidangnya dapat memberikan pengetahuan yang lebih mendalam kepada para peserta.

Penutupan kegiatan Tagana Masuk Kampus dilaksanakan di Pondok Pesantren Mambaus Solihin 7 Bintan. Kegiatan ini langsung ditutup oleh Kepala Dinas Sosial Provinsi Kepulauan Riau bersama dengan Perwakilan Pimpinan Pondok Mambaus Solihin 7, Abdul Majid, S.Hi. M.Pdi. Penutupan ditandai dengan penyerahan plakat dari Dinas Sosial Provinsi Kepulauan Riau kepada Pondok Pesantren Mambaus Solihin 7 Bintan selaku peserta dari kegiatan ini dan Community Development Departement PT BRC selaku panitia pelaksana kegiatan.

Pelaksanaan kegiatan yang berlangsung selama 6 hari ini berlangsung dengan baik atas dukungan  berbagai pihak yang terlibat, mulai dari Dinas Sosial Provinsi Kepulauan Riau, Dinas Sosial Kabupaten Bintan, FK Tagana Provinsi Kepulauan Riau, FK Tagana Kabupaten Bintan, PT BRC, Yayasan Bintan Resort, hingga Pondok Pesantren Mambaus Solihin 7 Bintan. Materi kegiatan yang terdiri dari mitigasi kebakaran dari Fire Safety Departemen PT BRC, Covid-19 dari Tim Satuan Tugas Covid-19 Bintan Resort, pengenalan Tagana dan mitigasi kebencanaan dari FK Tagana Provinsi Kepulauan Riau berlangsung dengan sangat baik. Harapannya kegiatan ini dapat bermanfaat untuk generasi muda dalam menghadapi bencana. (Maya)

0 Shares:

Leave a Reply

You May Also Like