Briefing & Kesepahaman Mekanisme Beasiswa HEA – PBC 2020

Covid19 telah menjadi pandemic yang sangat melemahkan berbagai sector, salah satunya adalah pariwisata. Banyak hotel, resort, dan objek wisata yang terpaksa tutup sementara karena pandemic ini. Meskipun demikian, PT Bintan Resort Cakrawala (BRC) sebagai pengelola kawasan pariwisata Bintan Beach International Resort (BBIR) sampai saat ini masih berkomitmen untuk tetap menjalankan program Coorporate Social Responsibility dalam bidang pendidikan dengan menyesuaikan protocol yang telah ditetapkan.

PT BRC tiap tahunnya secara rutin memberikan beasiswa yang biasa disebut HEA (Higher Education Assistance) kepada anak Bintan yang berprestasi untuk melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi, salah satunya adalah Politeknik Bintan Cakrawala (PBC) yang terletak di kawasan BBIR. Beasiswa ini merupakan salah satu bentuk kepedulian PT BRC dalam mengembangkan sumberdaya manusia masyarakat sekitar kawasan BBIR agar dapat menjadi unggulan bagi daerahnya sendiri, khususnya dalam bidang kepariwisataan dan perhotelan. Harapannya dengan adanya beasiswa ini dapat meningkatkan partisipasi masyarakat sekitar dalam membangun kawasan BBIR dan kualitas pendidikan di Bintan pada umumnya.

Calon Penerima Beasiswa HEA PBC beserta orangtua pada sesi pertama Kegiatan Kesepahaman Beasiswa HEA PBC angkatan 2020

Beasiswa HEA PBC diberikan sejak tahun 2019 saat pertama kai PBC didirikan. Pada tahun 2019, sebanyak 38 mahasiswa mendapatkan beasiswa penuh dari PT BRC. Pada tahun 2020, di masa pandemic covid19, PT BRC tetap memberikan beasiswa HEA PBC kepada calon mahasiswa berprestasi dengan penyesuaian dengan keadaan covid19.

Seleksi beasiswa HEA PBC dimulai sejak April 2020 dan hasilnya telah diumumkan pada awal Juli 2020. Sebanyak 10 calon mahasiswa mendapatkan bantuan pendidikan dengan skema yang telah ditentukan oleh PT BRC. 10 calon mahasiswa ini telah dipilih berdasarkan kualitas dan kelayakan sebagai penerima beasiswa.

Kamis (16/7) lalu, diadakan kegiatan pertemuan antara pihak PT BRC yang diwakili oleh Community Development Departement, Politeknik Bintan Cakrawala, Calon Penerima Beasiswa, serta Orangtua calon penerima beasiswa. Kegiatan ini merupakan kegiatan briefing & kesepahaman mekanisme beasiswa HEA-PBC 2020. Pelaksanaan kesepahaman ini mengikuti protocol covid19, sehingga dibuat beberapa sesi pertemuan di ruang terbuka dengan jumlah orang terbatas. Selain itu, calon penerima beasiswa dan orangtua juga harus mencuci tangan dan diukur suhunya sesuai dengan protocol covid19

briefing & kesepahaman kemanisme
Disediakan tempat cuci tangan
Pengukuran suhu tubuh yang dilakukan oleh petugas

Kegiatan Briefing & Kesepahaman Mekanisme Beasiswa HEA PBC 2020 dibuka dengan sambutan oleh Ibu Rd. Rita Ritasari selaku Direktur Politeknik Bintan Cakrawala dan Bapak Machsun Asfari selaku Community Development Manager PT BRC. Sambutan ini berisi motivasi dan penjelasan umum tentang perkuliahan di PBC dan mekanisme beasiswa yang akan di terima oleh calon mahasiswa PBC terpilih.

briefing & kesepahaman mekanisme
Sambutan dari Ibu Rd. Rita Ritasari selaku Direktur Politeknik Bintan Cakrawala
Sambutan Bapak Machsun Asfari selaku Communitu Development Manager PT BRC

Kegiatan selanjutnya adalah penjelasan mekanisme beasiswa HEA PBC 2020 oleh pihak community development, termasuk didalamnya berisi pengumuman hasil beasiswa HEA PBC 2020, ruang lingkup pembiayaan, kegiatan program beasiswa, hingga hak, kewajiban, dan sanksi bagi penerima beasiswa apabila melanggar peraturan yang ada. Tujuan penyampaian informasi ini adalah untuk menginformasikan kepada calon penerima beasiswa dan orangtua bahwa Beasiswa HEA PBC memiliki regulasi yang perlu dipatuhi dalam rangka meningkatkan kualitas diri calon mahasiswa itu sendiri.

Harapannya dengan adanya kesepahaman ini, calon penerima beasiswa dan orantua serta PBC dan PT BRC dapat menjalin kerjasama dengan lebih baik lagi dari tahun sebelumnya.

0 Shares:

Leave a Reply

You May Also Like