Hidup Mahasiswa Tidak Seindah di FTV

Kelas 3 SMA adalah masa yang membingungkan. Apakah mau bekerja atau kuliah. Mungkin banyak yang mempunyai keinginan berkuliah dan sudah memiliki future plan how to get it. mempunyai impian jurusan, universitas dan bahkan jalur masuk. Tapi tidak semudah yang dibayangkan ketika kelas 3 SMA. Sekedar berbagi pengalaman ketika kelas 3 SMA, ini kisah saya.

Saat kelas 3 SMA, saya mempunyai mimpi untuk kuliah di luar Provinsi Kepulauan Riau. Yang pertama saya sangat ingin kuliah di Program Studi (Prodi) Teknik Sipil di salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di pulau Sumatera. Sehingga saat SNMPTN (Seleksi Nasional Perguruan Tinggi Negeri) yaitu jalur masuk tanpa tes tertulis tetapi menggunakan nilai raport dan sertifikat saja, saya memilih 3 Prodi yang pertama adalah Teknik Sipil, Pendidikan Fisika, dan Pendidikan Kimia di dua PTN di Pulau Sumatera. Tetapi mungkin sudaah nasib saya tidak di terima di Teknik Sipil dan Pendidikan Fisika. Saya di terima di Pendidikan Kimia tetapi karena suatu hal sehingga saya tidak mengambil.

Saya merubah haluan keinginan saya, menjadi seorang guru kimia dan kuliah di PTN luar Prov. Kepri. Saya mengikuti tes masuk PTN jalur SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Nasional) yaitu jalur masuk menggunakan tes tertulis. saya memilih prodi Pendidikan Kimia di dua universitas di pulau Jawa dan satu universitas di pulau Sumatera. Tetapi mungkin sudah jalannya saya kembali tidak di terima di semua PTN tersebut.

Tapi saya selalu ingat pesan dari salah satu pembicara ketika saya masih mengikuti Garuda Muda Camp, “Peluklah mimpimu di dalam hati, niscaya Tuhan akan memeluknya kembali”. Ini menjadi penyemangat saya untuk tetap mengikuti tes masuk PTN di luar Prov. Kepri. Saya mendaftar di PTN di pulau Sumatera kembali dengan jalur masuk Seleksi Mandiri (SM) tulis dan di Universitas Negeri Yogyakarta dengan jalur SM Prestasi. di PTN pulau Sumatera saya memilih prodi Farmasi, Pendidikan Kimia, dan Pendidikan Sejarah, sedangkan di Universitas Negeri Yogyakarta saya memilih Pendidikan Geografi.

Mungkin saya sudah di takdirkan oleh Tuhan untuk berkuliah di jurusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Yogyakarta. http://uny.ac.id/berita/verifikasi-mahasiswa-baru-seleksi-mandiri-jalur-prestasi.html-0

OSPEK Jurusan Pendidikan Geografi 2016 FIS UNY

OSPEK Jurusan Pendidikan Geografi 2016 FIS UNY

Sebagai mahasiswa baru (maba) saya berfikir bahwa kuliah itu mudah, ke kampus, mendengarkan dosen, berorganisasi, dan pulang. Tetapi tidak semudah itu, sebagai maba harus mempunyai tekad yang kuat agar tidak mudah down ketika menerima tugas yang dapat dikatakan sangat banyak dan menguras tenaga dan dunia perkuliahan yang sangat beda dengan saat SMA. Jika di compare perkuliahan dengan masa SMA :

Perkuliahan vs SMA

  1. Di perkuliahan di tuntut untuk dapat mengatur waktu sedangkan ketika SMA waktu telah di atur oleh guru. di perkuliahan, jadwal kuliah tidak beraturan seperti SMA. Bisa saja ketika pagi kuliah, siangnya tidak ada kuliah, sorenya ada kuliah. jadi harus pandai-pandai mengatur waktu agar waktu yang senggang bisa bermanfaat.
  2. Di perkuliahan di tuntut untuk mandiri sedangkan di SMA masih sering harus di marah-marah oleh guru. di perkuliahan, dosen jarang yang marah-marah karena presensi, tugas. semua itu dikembalikan ke mahasiswa nya. jika ingin nilai bagus ya harus rajin kuliah, mengerjakan tugas. tidak ada yang mengingatkan seintens ketika SMA.
  3. Di perkuliahan waktu untuk nongkrong tidak sebanyak ketika SMA. kalau kita lihat di FTV, mahasiswa itu banyak nongkrongnya, bermain, jalan-jalan. Padahal di perkuliahan aslinya, nongkrong itu adalah saat dimana berdiskusi mengenai perkuliahan. bermain itu mengerjakan tugas, dan jalan-jalan itu khususnya bagi mahasiswa geografi adalah saat dimana Praktikum Lapangan Geografi terselubung. walaupun tentunya ada waktu untu nongkrong secara bebas, bermain, jalan-jalan tetapi tidak sebanyak ketika SMA.
  4. Di perkuliahan harus rela waktu tidurnya lebih sedikit dibandingkan dengan saat di sekolah. di perkuliahan tugas yang banyak, dan kadang bagi yang menyukai organisasi harus rela waktu tidurnya tersita oleh tugas-tugas.
  5. di perkuliahan sudah harus tau mana yang prioritas dibandingkan dengan saat SMA. kita harus mempunyai plan yang baik dan ideal untuk diri kita. sehingga kita tau apakah kita kuliah untuk belajar materi, organisasi, atau keduanya dengan seimbang.
  6. di perkuliahan teman-teman kita beragam dibandingkan dengan saat SMA. kita harus dapat bersosialisasi dengan siapapun dengan cepat, karena kita akan banyak bertemu dengan banyak orang yang berbeda di perkuliahan.
  7. bagi yang menyukai organisasi, perkuliahan merupakan dunia organisasi yang menjadi surga pagi para penyuka organisasi. sehingga harus pandai-pandai memilih dan memilah organisasi yang baik untuk diri kita. dibandikang dengan SMA, organisasi yang ada tidak terlalu banyak dan ada guru yang akan senantiasa membimbing.
  8. di perkuliahan kita harus berfikir lebih keras dibandikan ketika SMA. Meteri-materi perkuliahan lebih sulit dibandikan dengan ketika SMA. belum lagi buku-buku sumber belajar untuk perkuliahan itu sangat banyak dan bervariasi.

tentu saja dunia perkuliahan sangat menarik perhatian bukan? in here, you will know

who are you.

what do you want.

where are you.

when you can get your dream

why do you still in here.

and how to get your dream.

bersama pejuang laporan praktikum

“apa yang kita dapatkan sekarang adalah yang terbaik yang telah Tuhan berikan kepada kita. sebagai manusia kita patut berusaha, tetapi apapun hasilnya kita harus bersyukur dan menjalaninya”-Maya

 

The post Hidup Mahasiswa Tidak Seindah di FTV appeared first on Pengamatan, Pengalaman, dan Penelitian.

0 Shares:

Leave a Reply

You May Also Like

Activitity In April”

April is the first part of my second semester. Sometimes I get tired because of the many assignments given by the lecturer. Like now, the tour package that I am currently making must be made. Determine accommodations, transportation, and tourist recreation that can be of interest to tourists. However, all that is not a reason […]

Hello world!

Welcome to HEA Bintan Resorts. This is your first post. Edit or delete it, then start writing your Journal! Happy Writing! Rgds, Bhakti Adi Chandra