HAS “Get Ready For Internship” Berbagi Pengalaman Persiapan Magang di Area Pariwisata

Sudah mengikuti HAS yang pertama tentang persiapan Magang?

Yuk simak press release HAS “Get Ready for Internship”, siapa tau kamu menjadi BEST PARTICIPANT di HAS ini!


HEA Awardee Sharing (HAS) yang pertama telah dilaksanakan pada Jumat, 1 Mei 2020 pukul 17.00 WIB menjelang berbuka. Materi disampaikan oleh Rinaldy Lowens Hutabarat dan dimoderatori oleh Mita Aprilia Kartini. Kedua awardee ini merupakan mahasiswa Manajemen Perhotelan Universitas Negeri Padang angkatan 2018. Rinaldy telah melaksanakan intership di Human Resources Departemen Sofitel Bali dan Mita di Front Office Park Hotel Bali. Pengalaman internship di Bali dijadikan bahan oleh kedua awardee HEA ini dalam HAS.

HAS Persiapan Magang
Rinaldy dan Mita mahasiswa Manajemen Perhotelan Universitas Negeri Padang tahun 2018

Tujuan dari HAS adalah untuk berbagi pengalaman dan ilmu yang telah mereka dapatkan selama internship dan berharap dapat menjadi bekal untuk peserta yang akan melaksanakan magang nantinya. Pelaksanaan internship tidak boleh asal, terutama dalam memilih lokasi internship, berdasarkan pengalaman yang ke dua HEA Awardee ini temui dilapangan, beberapa trainee mengalami banyak kendala karena kurangnya persiapan dan selektivitas trainee sebelum melakukan internship. HAS pertama ini membahas mengenai persiapan-persiapan sebelum magang agar traine dapat menjalankan internship dengan baik nantinya, mulai dari proses pembuatan CV, proses korespondensi dengan pihak hotel/resorts, proses interview, serta proses memilih tempat internship. Selain itu, Rinaldy juga menyampaikan apa yang harus dilakukan ketikan calon trainee telah diterima di resort/hotel yang diinginkan.

Persiapan Magang HAS 2020
Sesi pemaparan materi

Sasaran dari kegiatan HAS yang pertama adalah calon trainee yang akan melaksanakan training di area pariwisata, khususnya mahasiswa bidang perhotelan seperti SBTI dan PBC. Kedua institusi tersebut memiliki program training yang dilaksanakan di resort atau pun hotel. Kegiatan HAS ini diikuti oleh 37 peserta yang terdiri dari mahasiswa luar bintan, pelajar SMK, dan mahasiswa PBC. HAS dilaksanakan melalui media online yaitu grup WhatsApp. Peserta yang telah melakukan registrasi mendaftar melalui link yang telah diberikan dan diundang dalam grup WhatsApp. HAS dilaksanakan mulai pukul 17.00 WIB sampai 19.00 WIB yang terdiri dari dua sesi, yaitu sesi pemaparan dan sesi tanya jawab. Sesi pemaparan di sampaikan oleh Rinaldy yang dimoderatori oleh Mita dengan berbagai materi yang diperlukan oleh para calon trainee. Selanjutnya, sesi tanya jawab yang hanya dibuat dalam satu sesi karena keterbatasan waktu. Terdapat tiga penanya dengan pertanyaan terkait dengan cara mengembangkan diri saat internship berlangsung, visi dan misi hotel, dan interview. Antusias dari peserta sangat baik dilihat dari banyaknya pertanyaan yang mereka ajukan, meski belum sempat dijawab oleh HEA Awardee.

Persiapan Magang HAS
Sesi tanya jawab

Dan seperti yang telah kami sampaikan di awal, akan ada merchandise menarik untuk satu peserta.

Dan yang mendapatkan merchandise itu adalahhh…

Femina dari Desa Penaga Untuk merchandise dapat diambil di Community Development Office PT BRC. Info lebih lanjut dapat menghubungi 081991499311 (Maya)

0 Shares:
1 comment

Leave a Reply

You May Also Like