Persiapan UTBK/SBMPTN 2020 Terdampak Covid-19

image persiapan utbk/sbmptn

Seperti biasa, untuk menghadapi tes masuk perguruan tinggi BRC mengadakan persiapan UTBK/SBMPTN untuk penerimaan beasiswa HEA National University tahun 2020. Namun, cukup berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun 2020 ini persiapan UTBK/SBMPTN dilakukan secara online. Hal ini tidak lain tidak bukan karena adanya pandemi Covid-19 yang cukup membuat seluruh aktifitas sosial kita terganggu. Meskipun demikian, proses belajar-mengajar untuk persiapan UTBK/SBMPTN tetap dilaksanakan sesuai planning yang telah ditentukan.

Pemerintah sendiri melalui laman LTMPT telah secara resmi menginformasikan beberapa perubahan terkait pelaksanaan UTBK/SBMPTN sendiri. Perubahan ini terkait dengan sistem UTBK dan SBMPTN dan pelaksanaannya. Pada awalnya, UTBK/SBMPTN akan dilaksanakan dengan sistem yang sama seperti tahun lalu, yakni bagi pelamar akan diberikan kesempatan 2 kali tes untuk mendapatkan nilai melalui UTBK secara online, kemudian dengan nilai yang didapat peseta dapat menentukan universitasnya melalui proses SBMPTN. Adapun materi yang diujikan adalah TPA dan TPS, sama seperti tahun lalu. Namun, melalui surat edaran nomor 11/SE.LTMPT/2020 diinformasikan bahwa materi yang diujikan hanyalah TPS (Tes Potensi SKolastik). Adapun surat edaran tersebut memuat secara lengkap hal berikut ini:

  • Memperhatikan situasi nasional berkenaan dengan mewabahnya Covid-19 dan surat edaran nomor 09/SE.LTMPT/2020 tentang jadwal pelaksanaan UTBK 2020 yang dilakukan penundaan, maka pendaftaran UTBK dan pelaksanaan UTBK akan tetap dilaksanakan,
  • Materi tes yang diujikan adalah Tes Potensi Skolastik (TPS),
  • Setiap peserta hanya diizinkan maksimal mengambil 1 (satu) kali tes,
  • Pelaksanaan tes dilaksanakan dalam 4 (empat) sesi setiap hari,
  • Pendaftaran UTBK dan SBMPTN oleh peserta dilakukan satu kali/bersamaan, peserta harus memilih lokasi tes pusat UTBK dan memilih PTN dan program studi tujuan.
  • Jadwal Kegiatan UTBK/SBMPTN 2020 adalah sebagai berikut:
NoKegiatanJadwal
1Pendaftaran UTBK dan SBMPTN2 – 20 Juni 2020
2Pelaksanaan UTBK5 – 12 Juli 2020
3Pengumuman SBMPTN25 Juli 2020
Jadwal UTBK – SBMPTN 2020
Edaran Persiapan UTBK/SBMPTN
Surat Edaran LTMPT nomor 11/SE.LTMPT/2020

Mendapati surat edaran tersebut, tim persiapan UTBK/SBMPTN cukup terkejut. Terutama karena tim sudah memersiapkan seluruh kebutuhan kursus yang meliputi TPA dan TPS. Namun apa boleh buat, tim akhirnya harus banting setir 180 derajat untuk mengubah kurikulum kursus yang berfokus pada TPS saja.

Memanfaatkan teknologi saat ini, tentu barang mudah untuk mengadakan kegiatan persiapan UTBK/SBMPTN secara online. Tim pelaksana memutuskan menggunakan aplikasi Zoom.us untuk mengadakan kelas secara online.

Zoom untuk persiapan UTBK/SBMPTN
Tampilan Zoom dari Speaker’s View

Jika kalian penasaran bagaimana sih kelas online melalui zoom itu, bisa dilihat di bawah ini ya.

0 Shares:

Leave a Reply

You May Also Like