Wanna Cry?? Hell NO!

Hasil gambar untuk ransome wannacry

Seperti diketahui, internet telah menjadi media penyebaran malware yang sangat berbahaya. Dan pada tahun 2005, ancaman di dunia cyber bertambah dengan munculnya varian baru malware jenis ransomware.

Ransomware, secara sederhana dapat dijelaskan sebagai malware yang memiliki kemampuan untuk mengunci komputer atau mengenkripsi file untuk mengelabui penggunanya. Tujuannya adalah membuat pengguna memberikan uang tebusan agar file yang tersandera tersebut dilepaskan.

 

Bagaimana cara kerja ransomware?

Malware yang banyak ditemukan di lebih dari 99 negara ini bekerja dalam empat cara. Pertama, ransomware melumpuhkan komputer dengan cara mematikan sejumlah tools dan program yang terdapat di registry. Kedua, ransomware melumpuhkan keyboard dan mouse, dan hanya membiarkan pad nomor aktif.

Ketiga, ransomware mengunduh dan menampilkan pesan peringatan, yang isinya mengaku-ngaku sebagai penegak hukum. Keempat, pesan peringatan tersebut menyatakan bahwa si pengguna telah diketahui mengakses konten ilegal di internet, sehingga si pengguna harus membayar sejumlah uang agar bisa mengakses komputernya.Virus komputer yang fenomenal saat ini, yaitu masih dengan ransomware WannaCry.

Tapi, bagaimana kalau kamu sudah terlanjur terkena serangan ransomware WannaCry? Untuk itu, kali ini saya ingin memberikan solusi untuk kamu yang sudah terkena virus ini. Ini dia cara mengatasi ransomware WannaCry!

 

Cara Mengatasi Virus Ransomware WannaCry Yang Mudah

Sebelum lebih jauh, Jaka ingin informasi di awal lebih dahulu tentang hal ini. Yaitu, hingga detik artikel ini ditulis belum ada cara untuk mendekripsi WannaCry. Atau mudahnya, belum ada cara untuk menyelamatkan data kamu.

Cara ini lebih ditujukan untuk menghilangkan virus, lalu memakai kembali komputer yang terinfeksi. Langsung saja, berikut cara mengatasi ransomware WannaCry. Ada dua cara, ini dia…

Cara 1: Format dan Install Ulang Windows

Hasil gambar untuk install ulang windows

Kita mulai dari cara yang mudah dahulu, yaitu dengan format dan install ulang. Cara ini lebih saya rekomendasikan.

Kenapa cara ini direkomendasikan?

Semua data-data kamu terenkripsi dan tidak bisa diselamatkan, jadi dihapus saja sekalian. Ditambah lagi dengan melakukan install ulang, sekaligus akan membuat performa komputer kamu terasa baru. Virus hilang, komputer seperti baru, caranya mudah pula. Makanya direkomendasikan. tidak merekomendasikan cara ini. Pertama rumit, kedua belum tentu suatu saat ada cara mendekripsi atau menyelamatkannya.

 

Tapi kalau kamu tetap mau dan berharap suatu saat data kamu bisa diselamatkan, ini dia langkah-langkahnya.

1488889832

Cara 2.1: Hapus Virus Secara Otomatis Dengan Antivirus

  • Cabut hard disk komputer yang terinfeksi.
  • Pasangkan hard disk yang terinfeksi dengan dock HDD atau HDD enclosure.
  • Sambungkan ke komputer lain yang sudah terinstall update antivirus KaperSky atau ESET terbaru.
  • Lakukan scan dengan memakai KaperSky atau ESET terbaru.
  • Kembalikan lagi HDD yang dilepas ke komputer.
  • Lalu boot Windows seperti biasa, selesai.

Cara 2.2: Hapus Virus Secara Manual

  • Lakukan boot ke “Safe Mode”.
  • Tekan “Ctrl + Shift + Esc”. Pada tab “Processes” cari software yang mencurigakan, biasanya memakai resouce RAM dan CPU tinggi meski dalam posisi idle. Jika ketemu, langsung klik kanan dan “End Task”.
  • Klik tab “Start Up”, lalu “Disable” semua software yang tidak kamu kenal.
  • Tekan “Win + R”, lalu ketik “Regedit”. Tekan “Ctrl + F”, lalu cari “Ransom.CryptXXX” atau “WannaCry”, jika ketemu langsung dihapus saja.
  • Terakhir cek folder-folder berikut “%AppData%”, “%LocalAppData%”, “%ProgramData%”, “%WinDir%”, “%Temp%”. Jika ditemukan file aneh atau tidak kamu kenal, langsung saja dihapus.

Catatan: Cara 2.2 ini sangat TIDAK DIREKOMENDASIKAN, apalagi jika kamu NEWBIE. Ditambah lagi mengingat biasanya virus masih tersisa.

Hasil gambar untuk RANSOMWARE

Seperti yang saya bilang diawal, belum ada satupun cara untuk mendekripsi atau menyelamatkan data yang terinfeksi virus WannaCry. Memang masih belum ada, tapi orang-orang tetap berusaha. Dilansir dari SensorsTechForum, WannaCry memakai jalur HTTP untuk mengirimkan key. Ada anggapan, bahwa key ini bisa di-sniff. Mengingat HTTP jalurnya tidak dienkripsi. Untuk melakukannya bisa pakai software antivirus.

BONUZZZ…..

Bagi yang kesulitan download Patch Windows MS17-010 untuk menangkal Ransomware WannaCrypt, bisa download disini

https://drive.google.com/open…

Tersedia untuk:
– Windows XP SP2 64bit
– Windows XP SP3 32bit
– Windows 7 SP1 32bit
– Windows 7 SP1 64bit
– Windows 8 32bit
– Windows 8 64bit
– Windows 8.1 32bit
– Windows 8.1 64bit

Windows 10 sementara ini tidak perlu patch, masih aman.

The post Wanna Cry?? Hell NO! appeared first on Rinaldy Lowens Hutabarat.

0 Shares:

Leave a Reply

You May Also Like

Activities In a Month

My name is Anjas Muri from the Polytechnic Bintan Cakrawala, I majored in D4 Hotel Management. Here I am from students who received scholarship assistance from PT. BRC will tell you about my daily activities in this one month.In this one month to be exact in April, in the course of my lectures I felt […]

Hello world!

Welcome to HEA Bintan Resorts. This is your first post. Edit or delete it, then start writing your Journal! Happy Writing! Rgds, Bhakti Adi Chandra

Hello world!

Welcome to HEA Bintan Resorts. This is your first post. Edit or delete it, then start writing your Journal! Happy Writing! Rgds, Bhakti Adi Chandra

April 2020

Hi there, this is my first journal. Okay, here i want to introduce myself first. Welcome to my blog that is “Welcome to My Journal” by Sigit Aprisma Irawan, i am one of the students from the Polytechnic of Bintan Cakrawala majoring in D4 Hospitality Management. So in this blog i will tell you about...